Home » » klasifikasi Ikan sapu –sapu (Hypostomus plecostomus)

klasifikasi Ikan sapu –sapu (Hypostomus plecostomus)


Ikan sapu –sapu atau nama latin Hypostomus plecostomus, adalah ikan yang dapat berasal dari sungai amazone amerika selatan, nama lain dari ikan sapu –sapu Sucker-mouth disebut demikian, karena ikan itusuka menghisap atau mengais lumut (yang sebetulnya ganggang renik) yangmenempel pada kaca akuarium. Ikan itu dipelihara sebagai pembersih ganggangpenempel yang mengotori kaca akuarium.


Bentuk badan yang aneh menjadikan ikan ini sebagai ikan hias bagi para penikmat aquascape, ukuran yang masih kecil sering kali digunakan masyarakat Indonesia sebagai ikan pembersih aquarium mereka, sedang ikan yang sudah berukuran lebih dari 15 cm biasanya di taruh di dalam kolam.

Selama ini masih belum diketahui cara pembiakannya didalam aquarium, dan orang masih sulit membedakan jenis jantan-betinanya. Akan tetapi mengingat kebiasaan hidup dan sifat-sifatnya mirip ikan lele, banyak peternak mencoba mengembangbiakkan didalam kolam yang ada lubang pipa paralonnya untuk tempat sembunyi. Induk yang dibiakkan diharap mencari pasangannya sendiri.

Usaha itu ternyata menghasilkan anak. Dalam waktu dua minggu, peternak sudah bisa menyaksikan anak-anak ikan yang berenang di pinggir kolam. Tinggal memisahkannya saja, dan membesarkan di kolam lain. Itulah sebabnya jumlah ikan sapu di pasaran dalam negeri cukup melimpah, sehingga harganya pun cukup murah










halo, komentar la dengan menggunakan kata yang sopan dan santun

0 komentar:

Komentar