Home » , » klasifikasi Ikan tawes (Barbonymus goniono Bleeker)

klasifikasi Ikan tawes (Barbonymus goniono Bleeker)





Ikan tawes yang memiliki nama latin Barbonymus goniono Bleeker adalah salah satu jenis ikan air tawar yang biasanya hidup di aliran sungai dataran banjir, hingga ke waduk-waduk. ikan ini menyukai air yang tenang menggenang. Dan ada catatan yang menyebutkan migrasi ikan ini tidak terlalu jauh dari tempat nya, yakni dari sungai besar ke anak-anak sungai, saluran, dan dataran banjir. 



Penyebaran alaminya tercatat di Sungai Mekong, Chao Phraya, Semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa. dan bisa dikonsumsi, ikan ini terdapat di daerah Asia Tenggara. Ikan ini mempunyai ukuran
tubuh kelompok sedang dan termasuk gampang untuk dibudidayakan di kolam-kolam budidaya.
Selain dikenal dengan nama tawes, ikan ini juga dikenal di antaranya lawak, lalawak dalam Bahasa melayu, turub hawu dalam Bahasa Sunda, dan tawes, badir dalam Bahasa Jawa. Dan ada yang menyebutnya lampam dalam Bahasa jawa. Dan dalam bahasa Inggris ikan ini lebih dikenal dengan namaJava Barb, Silver Barb, atau juga Tawes. Ikan ini juga masih berkerabat dengan ikan nila.
Adapun klasifikasi ikan tawes adalah sebagai berikut :
  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Cypriniformes
  • Famili : Cyprinidae
  • Genus : Barbonymus
  • Spesies : Barbonymus gonionotus
·          
Ikan tawes bersifat herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan,utamanya memakan tamanan Hydrilla yang berada di sungai, aneka tumbuhan air, dan daun-daunan yang terjatuh ke sungai. Tawes terkadang juga memangsa aneka invertebrata. Suhu air yang ideal untuk hidupnya antara 22-28 °C.
Karena Sifatnya sebagai hewan herbivora, maka ikan ini dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan gulma air. Penelitian yang dilakukan di Danau Maninjau, Sumatera Barat, menemukan bahwa ikan tawes dan nila yang tidak diberi pakan secara khusus telah memakan aneka fitoplankton yang terdapat di danau sebagai pengganti makanan mereka. sehingga jenis-jenis ikan ini berpeluang untuk digunakan sebagai pembersih air danau


Meski sebenarnya ikan tawes adalah ikan yang termasuk kelompok herbivore atau pemakan tumbuhan, namun ikan tawes yang sudah dikembang biakkan di kolam dapat diberi makan pelet atau makanan alami berupa daun talas. Perkembangan ikan di kolam akan jauh lebih cepat karena dikarenakan adanya pemberian pola makan yang cukup dan teratur dan tujuannya adalah sebagai ikan konsumsi menyebabkan ikan tawes jarang di gunakan sebagai ikan pancingan di kolam–kolam pancing.



 

0 komentar:

Komentar