Home » , » klasifikasi ikan baung (Mystus Nemurus)

klasifikasi ikan baung (Mystus Nemurus)



Ikan baung
Ikan baung merupakan ikan yang hidup di perairan air tawar di sekitar hilir hingga hulu sungai, waduk, danau dan rawa, dan untuk di sekitar sungai Musi yang berada di Sumatera Selatan baung juga ditemukan hingga ke area muara sungai di daerah pasang surut yang sedikit payau, ikan baung banyak ditemukan pada daerah yang air tawarnya mempunyai kedalaman yang tinggi.

Klasifikasi ikan baung sendiri adalah sebagai berikut :
Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Class
: Pisces
Sub-Class : Telestoi
Ordo
: Ostariophysi
Famili
: Bagridae
Genus
: Mystus
Spesies
: Mystus Nemurus

Ikan baung


Ikan baung memiliki bentuk dengan kepala yang besar, memiliki sirip punggung yang pajangannya sama dengan sirip yang ada di duburnya, memiliki sirip ekor yang besar dan bercagak, untuk sirip punggung berbentuk bulat dan pendek serta besar, sirip di bagian dada tertutup insang, sirip dubur pendek dan besar, sirip perut juga berbentuk besar dan berada di bawah sirip dada, memiliki mulut yang tidak bergigi dan di langit-langit mulut berbentuk bergerigi dan dapat digerakkan, memiliki lubang hidung yang berjauhan, selain itu juga memiliki sehelai sungut. 

Ikan baung memiliki wara cokelat muda dan di bagian perut berwarna putih atau kuning-kekuningan, dan memiliki badan yang tidak bersisik sehingga untuk menggenggamnya akan sedikit kesulitan, ikan baung memiliki sirip ekor yang bercagak.

Ikan baung

Ikan baung memakan makanan yang terdiri dari ikan-ikan kecil dan serangga, untuk anak baung akan memanakan serangga kecil dan beberapa tanaman air yang lunak seperti remis, karena hal inilah yang membuat ikan baung termasuk ke dalam golongan omnivora. Dalam berkembang biak ikan baung akan menghasilkan sekitar 1.350 hingga 160.235 butir telur.

Menurut Mandala et al, 2005, Ovari pada ikan baung berada di ikan jenis betina. Bentuknya juga bergantung pada rongga tubuh yang ada, tapi pada umumnya tubuh ikan berbentuk memanjang, jumlahnya sepasang dan menggantung pada mesenteries. Dengan posisi persis tepat di bawah tulang punggung dan ginjal serta terdapat di samping gelembung udara

0 komentar:

Komentar