Home » , » Klasifikasi Ikan Belida (Notopterus chitala H.B.)

Klasifikasi Ikan Belida (Notopterus chitala H.B.)



Ikan belida merupakan salah satu ikan air tawar yang selalu dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Nama belida berasal dari daerah Sumatera selatan keturunan marga belida di daerah Muara Enim. Nama belida memiliki arti “Be” = mempunyai “lida” = lidah. Ikan belida berada pada kelompok famili Notopteridae dan terdiri tiga spesies, yaitu notopterus, Chitala dan Boomeensis. Ukuran ikan belida termasuk ke dalam ikan kecil, yang terdapat di kawasan perairan Afrika dan Asia tenggara.

Adapun klasifikasi ilmiah dari ikan belida :
·  kerajaan : Animalia
·  Filum : Chordata
·  Kelas : Actinopterygii
·  Ordo : Osteoglossiformes
·  Famili : Notopteridae
·  Genus : Chitala
·  Spesies : Chitala lopis
·  Nama Sinonim : Notopterus chitala H.B.



 
Ikan ini memiliki bentuk menyerupai pisau sehingga juga dikenal dengan nama knife fish. Berbentuk tipis, punggung yang melengkung dan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam di sekitar ekor dan bagian tengah tubuhnya menyerupai batik.

Belida memakan semua benda kecil yang ada di sekitarnya, memakan ikan, udang, dan tanaman airnya, tidak hanya memakan benda-benda kecil tetapi juga memakan sesama ikan belida yang berukuran lebih kecil. Ikan belida merupakan ikan yang aktif dimalam hari atau disebut juga hewan noktunal karena hal ini para pembudidaya selalu memberi makan ikan mereka pada sore hari pada jumlah yang lebih besar.



Ikan ini berproduksi setiap tahun dengan puncak musim kawin pada musim kemarau, di mana pada musim kemarau ikan belida betina akan siap dibuahi oleh pejantan atau disebut juga matang gonad (100%). Sedang pada musim hujan musim kawin tidak terlalu aktif seperti musim kemarau karena ikan betina banyak yang tidak siap untuk dikawini (matang gonad 60%). Dalam berkembang biak belida betina akan membuat sarang mereka untuk bertelur di tepi-tepi kolam atau sungai dengan mengumpulkan ranting-ranting dan daun-daun.

Dalam masa perkawinan sang betina akan selalu menjaga telur mereka hingga menetas dan mampu untuk beradaptasi sendiri. Untuk telur, ketika telah keluar dari sang betina maka akan di taruh di substrat yang telah disiapkan oleh ikan belida jantan. Telur yang dihasilkan oleh belida betina sebanyak 6.000-10.000 telur dengan diameter telur 0,15 cm hingga 3,5 cm.



0 komentar:

Komentar