Home » » ikan Hampala

ikan Hampala

 hi sobat kali ini kita akan membahas tentang Salah satu spesies ikan air tawar yang banyak hidup di perairan Indonesia, ikan ini bernama ikan Hampala. Ikan Hampala adalah ikan yang sejenis karper dan masuk dalam spesies Cyprinidae.


nah Untuk pemancing yang ingin mendapatkan sensasi strike yang menantang maka ikan ini sangat cocok karena ikan Hampala mempunyai karakter yang lincah dan bertenaga.

Ikan hampala merupakan jenis ikan yang luar biasa karena ikan ini bisa lari dengan kencang dimana ciri ini hanyalah sebagian dari semua ciri yang melekat pada diri ikan yang memiliki sosok yang gagah ini.

Ikan Hampala memiliki rahang yang sangat kuat dengan sisik berukuran besar dengan noktah hitam pada samping badan yang bisa membengkokkan kail trebel yang berukuran cukup besar.

dan menurut Wikipedia, ada ada 7 jenis ikan hampala, yaitu :
•    Hampala Ampalong
•    Hampala Bimaculata
•    Hampala Dispar
•    Hampala Lopezi
•    Hampala Macrolipidota
•    Hampala Sabana
•    Hampala Salweenensis

nah Inilah ikan hampala, sama pemancing di Jawa biasanya disebut dengan nama palung atau tempalung. Ikan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia hingga Malaysia. Dan menyenangkan untuk acara mancing di sungai.

Bukan hanya ciri fisiknya saja yang menarik untuk diungkapkan, tetapi gaya ikan ini menyantap umpan memang atraktif. Hampala seperti meteor ditembakkan dari orbitnya, menerjang umpan dan melahap dengan suara dentuman yang keras “byur” lalu melesat membawa umpan dan melumatnya dalam kecepatannya. Kail yang keras bisa menjadi lembek oleh kunyahannya.
ikan hampala mempunyai klasifikasi sbb :

Kingdom:     Animalia
Phylum:     Chordata
Class:     Actinopterygii
Order:     Cypriniformes
Family:     Cyprinidae
Genus:     Hampala

sumber:
http://www.kailpancing.com/mancing-ikan-hampala.html
http://mymerahmata.blogspot.com/2013/02/ikan-hampala.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Hampala

0 komentar:

Komentar