Home » » Ikan Nilem ( Osteocilus hasselti)

Ikan Nilem ( Osteocilus hasselti)

ikan Nilem disebut juga nilem mangut, atau melem (Osteochilus vittatus) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae.

ikan yang merupakan Ikan herbivora ini diketahui menyebar di Asia Tenggara: Tonkin, Siam (Thailand), Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa.


ikan Nilem merupakan ikan budidaya yang digunakan sebagai ikan untuk konsumsi, terutama di Jawa. Kini, ikan nilem juga diintroduksi ke beberapa danau di Sulawesi.

adapun Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:     Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Actinopterygii
Ordo:     Cypriniformes
Famili:     Cyprinidae
Genus:     Osteochilus
Spesies:     O. vittatus



Ikan bertubuh sedang, panjang total hingga 260 mm. Tinggi tubuh pada awal sirip dorsal 3-3,7 berbanding panjang standar (tanpa sirip ekor). Panjang kepala 4,1-4,5 berbanding panjang standar. Moncong membulat tumpul, dengan bibir yang berkerinyut dan dapat disembulkan. Sungut maksilar kurang lebih sepanjang diameter mata, sungut rostral lebih pendek. Awal sirip dorsal kira-kira sejajar dengan gurat sisi ke-8 atau ke-9; terpisahkan dari ubun-ubun oleh 10-12 sisik.
manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi ikan nilem yaitu Ikan nilem biasa dibudidayakan orang di Pulau Jawa, terutama di Jawa Barat. Ikan ini digemari telur-telurnya karena rasanya yang lezat. Akan tetapi sekarang produksinya cenderung menurun, sementara umumnya nilem dipelihara sebagai produk sampingan dari kolam-kolam pemeliharaan ikan mas, nila, atau gurami

Satu percobaan yang dilakukan di Danau Maninjau, Sumatera Barat, mendapatkan bahwa ikan nilem yang tidak diberi pakan secara khusus memakan aneka fitoplankton yang terdapat di danau, sehingga berpeluang untuk digunakan sebagai pembersih air danau.

selain untuk konsumsi ikan nilem terkenal akan khasiatnya dalam terapi kaki dengan menggunakan ikan spesies nilem yaitu Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii)

adapun manfaat terapi dengan menggunakan ikan nilem ini antara lain:
1. menghilangkan jaringan kulit mati
2.menghaluskan kulit
3. melancarkan peredaran darah
4. menghilangkan kulit pecah-pecah
5. mencegah tumbuhnya cell liar
6.menghilangkan stress
7. meningkatkan fungsi syaraf
8. menghilangkan pegal-pegal
9. mengurangi tumpukan lemak
10. merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah


sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Nilem
http://virgana.wordpress.com/about/

0 komentar:

Komentar