Home » » Ikan Mas Cina

Ikan Mas Cina

ikan mas koki cina berasal dari negri cina, tapi sampai kini belum ditemukan catatan sejak kapan pertama kali mas koki ini dijadikan ikan hias oleh masyarakat. info yang ada hanya berupa, karper crucian carp yang jadi nenek moyang mas koki “dijinakkan” pertama kali sekitar 1000 tahun silam, ketika dinasti Sung berkuasa (960-1279). Sedangkan perkembangannya baru pesat setelah teknik budidaya air tawar dikenal, yakni semasa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644).

nah Pada saat Dinasti Ming itulah bermunculan ikan mas yang mempunyai bentuk wajah yang aneh-aneh. Ikan mas generasi ini kemudian disebut goldfish di luar
negeri, sedangan di indonesia lebih akrab dikenal dengan nama mas koki.


sedangkan Saat ini di China, tipe mas koki diperkirakan sudah mencapai ratusan bentuk. Untuk memudahkan orang mengenalnya, tipe-tipe mas koki itu diberi nama berdasarkan keunikan yang terdapat pada tubuhnya. Misalnya, tipe-tipe beradasarkan bentuk kepala, mata, tutup insang, selaput hidung, dan selaput mata

adapun cara membedakanya yaitu :
a. Tipe Kepala
Berdasakan bentuk pertumbuhan kepala, di Cina sendiri dikenal sedikitnya 6 macam tipe mas koki, yakni; kepala tinggi, kepala macan, kepala setan, kepala singa, kepala kodok, dan kepala tikus.
b. Tipe Mata
Beradasarkan tipe mata ada 7 macam tipe mas koki, yakni: mata biasa, mata balon, mata teleskop dengan kornea yang transparan celestial (nirwana), teleskop dengan pupil gelap (putai yen), mata merah (chu sha yen), danmata itik mandarin (sebelah merah dan sebelah lagi putih).
c. Tipe sisik
Berdasarkan tipe sisik, mas koki di Cina dikelompokkan menjadi tiga, yakni; sisik normal (biasa seperti sisik ikan lazimnya), sisik transparan, dan sisik mutiara (dalam bahasa mandarin disebut chin choo yu)
d. Tipe Warna
Berdasarkan tipe warna, terdapat mas koki berwarna hitam, kuning, merah, atau kombinasi merah dengan putih.
e. Bentuk Tubuh
berdasarkan bentuk anggota tubuh. Mereka menggolongkan atas tiga kelompok tipe, yaitu wen shu (mas koki biasa yang terdiri atas 20 varietas) , ron shu (mas koki bermata menonjol yang terdiri sekitar 30 tipe), dan zokushu (mas koki tak memiliki sirrp punggung yang terdiri sekitar 20 tipe).

sumber :
http://kuliah-ikan.blogspot.com/2011/01/ikan-hias-maskoki-di-negeri-cina.html

0 komentar:

Komentar